Arsip Blog

Rabu, 13 Januari 2016

Cara Merawat Softlens Agar Mata Sehat

Softlens atau lensa kontak bukan hanya buat alat bantu penglihatan. Tetapi lensa kontak sekarang juga buat penunjang penampilan untuk tampak cantik. Banyak warna-warna yang menjadi indah. Seperti biru, abu-abu, coklat, hijau dan lain-lain. Banyak merk-merk lensa kontak yang ada di pasaran. Dan berbagai macam masa lensa kontak yang di perjualkan. Mulai masa pakai setahun hingga masa pakai sehari. Dan semua itu tergantung kebutuhan masing-masing. Ada yang memakai satu tahun, ada yang memakai satu bulan dan ada yang memakai satu hari.




Semakin lama masa pakai lensa kontak biasanya semakin tebal dan murah. Semakin cepat masa pakai lensa kontak biasanya semakin tipis dan mahal. Kalau lensa kontak selain 1 hari pake biasanya pake yang namanya cairan solution. Solution ini biasanya untuk mencuci, membilas dan merendam lensa kontak. Ada juga yang bisa untuk tetes mata tetapi biasanya tidak direkomendasikan oleh petugas optik. Dikarenakan kandungan tersebut tercampur dengan kandung pencuci lensa kontak. Efeknya membuat mata kurang nyaman. Makanya harus membeli terpisah tetes mata untuk lensa kontak dan cairan solution pembersih lensa kontak. Untuk tetes mata sehari maksimal 3 kali. Jangan lebih dari 3 kali karena akan merusak kualitas air mata.



Kita terkadang tidak tahu cara merawat lensa kontak yang baik dan benar. Sehingga mata kita iritasi dan ekstreemnya sampai di operasi. Tetapi bukan berarti lensa kontak itu benda yang berbahaya buat mata. Selama kita bersih dan mengikuti cara merawat lensa kontak yang baik dan benar. Maka mata kita akan selalu aman dan sehat. Lalu bagaimana cara merawat lensa kontak supaya mata tetap sehat dan aman.

1. Cuci tangan sebelum memegang lensa kontak

Lensa kontak harus keadaan bersih. Oleh karena itu kita harus cuci tangan dan menggunakan sabun supaya bersihnya maksimal

2. Bersihkan lensa kontak dengan solution

Sebelum memakai dan sebelum menyimpan ke dalam case, lensa kontak harus di cuci dan bilas memakai cairan solution bukan air kran atau air minum.

3. Lensa kontak simpan dalam tempatnya

Lensa kontak simpan pada tempatnya yang berisi cairan solution. Jangan keadaan kering tanpa ada cairan solution. Karena akan membuat lensa kontak menjadi kering dan kalau kering lensa kontak tidak bisa dipakai. Ganti cairan solutian lensa kontak setiap hari meskipum lensa kontak tidak di pakai

4. Ganti tempat lensa kontak 2 minggu sekali.

Mengganti tempat lensa kontak setiap 2 minggu sekali akan menjadikan lensa kontak tetap bersih dan steril. Apabila tidak diganti kotoran-kotoran kecil tak terlihat mata akan mengumpul dan banyak dan masuk ke dalam lensa kontak meskipun setiap hari di ganti.

5. Ganti cairan solution setiap 3 bulan sekali

Apabila sudah buka segel ganti cairan lensa kontak setiap 3 bulan sekali. Karena kandungan solution yang dibuka segelnya akan bercampur dengan udara dan partikel-partikel debu berterbangan. Sehingga kandungannya sudah tidak steril lagi.

6. Jangan melebihi batas masa pakai lensa kontak

Inilah yang biasanya sering dilakukan orang dengan alasan menghemat uang. Mereka melebihi batas masa pakai lensa kontak. Jika dikalkulasi, orang yang mematuhi batas masa pemakain lensa kontak lebih hemat dibandingkan dengan yang melanggar. Efek dari melebihi batas masa pakainya adalah iritasi dan ekstreemnya menimbulkan kebutaan. Apabila sudah begitu kita harus ke dokter dan biaya dokter juga tidak murah.

7. Gunakan lensa kontak sesuai waktunya

Pemakai lensa kontak baru biasanya 6 jam dalam sehari. Apabila sudah terbiasa biasanya sampai 8 jam sehari. Dan dalam seminggu, seharian memakai kacamata supaya oksigen didalam mata bisa berjalan semestinya.

8. Harus di lepas sebelum tidur dan sebelum mandi

Lensa kontak harus dilepas sebelum mandi supaya lensa kontak tidak jatuh kebawah dan supaya air tidak masuk ke lensa kontak. Dan lensa kontak jangan untuk di pakai tidur dikarenakan oksigen tidak bisa masuk ke mata sehingga kotoran banyak menempel di lensa kontak.

Semua cara perawatan lensa kontak di atas itu berlaku untuk lensa kontak selain masa pakai 1 hari. Kalau masa pakai 1 hari itu lebih higienis. Tidak pakai solution cuma cuci tangan dahulu sebelum memakai dan melepas lensa kontak. Ingat kesuksesan berawal mata yang sehat. Semoga bermanfaat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar