Arsip Blog

Rabu, 06 Januari 2016

Cara Merubah Masalah Menjadi Awal Kesuksesan





Dalam kehidupan selalu ada yang namanya masalah. Setiap tahun, setiap bulan, setiap hari bahkan setiap waktu masalah selalu ada. Dan masalah itu juga bisa datang dimana saja. Di Sekolah, Kantor, tempat perbelanjaan, Rumah dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam menyikapi sebuah permasalahan. Jika tidak, masalah akan menjadi sebuah hambatan untuk kita melangkah. Contoh sekumpulan anak muda lagi berjalan di tengah hutan untuk berkemah ke Puncak Gunung dan mereka lagi tersesat di tengah hutan. Jika mereka tidak menemukan jalan keluar meraka tidak akan sampai ke puncak gunung. Ini adalah sebuah masalah bagi mereka.



Lalu bagaimana sebaiknya memandang sebuah permasalahan. Sebenarnya itu mudah hanya perlu merubah cara pola pikir kita. Jangan pernah berpikir masalah itu sebuah bencana hidup atau  tembok besar yang menghalangi jalan kita untuk maju kedepan. Tapi cobalah berpikir bahwa masalah adalah peluang. Peluang untuk kita kita maju. Peluang agar kita menjadi lebih baik dari yang sebelumnnya. Lalu peluang apa saja yang ditemukan agar kita bisa mengolahnya menjadi awal kesuksesan.



1. Peluang meningkatkan skill



 Masalah itu bisa meningkatkan skill baik yang kita miliki maupun yang belum kita miliki. Contoh seorang murid perempuan disuruh untuk berpidato di depan semua orang oleh gurunya. Padahal guru tersebut tahu bahwa murid itu adalah pemalu dan pendiam. Ini jelas masalah bagi dia. Jangankan berpidato ke semua orang, ke depan kelas aja dia malu dan grogi. Apabila dia berpikir ini adalah bencana, mungkin dia tidak akan mau berpidato. Sebaliknya apabila ini adalah peluang untuk meningkatkan skillnya. Dia akan bersemangat dan berlatih bersungguh-sungguh sampai dia percaya diri dan lancar berkomunikasi.

2. Peluang untuk bisnis 




Masalah bisa untuk menambah pundi-pundi uang di dompet. Ini biasanya dimiliki oleh orang yang berjiwa bisnis. Contoh dilingkungan kampung ada banyak sampah yang menumpuk. Apabila musim hujan nanti akan menyumbat saluran air dan selokan di sekitar sehingga menyebabkan banjir. Mungkin ini adalah masalah bagi warga kampung tersebut. Ini bukanlah masalah bagi seseorang yang berjiwa bisnis. Tetapi ini adalah peluang untuk membuat bisnis baru. Maka terciptalah sebuah bisnis baru yaitu Bank Sampah. Biasanya Bank Sampah membedakan sampah yang kering dan sampah yang basah. Untuk diolah lagi dan di daur ulang agar menjadi sesuatu yang ada nilai jualnya. Akibatnya lingkungan menjadi bersih dan pundi-pundi uang pun bertambah.

3. Peluang untuk berkarya



Masalah bisa menghasilkan sebuah karya apabila kita jeli melihatnya. Contoh seorang wanita baru saja diputus oleh kekasihnya. Bagi wanita tersebut ini adalah bencana karena dia sudah terlanjur sayang dan cinta kepadanya. Sekarang dia harus melupakannya. Tetapi bagi seorang musisi ini adalah peluang untuk berkarya. Dia menciptakan kata-kata dan nada-nada hingga menciptakan sebuah lagu yang indah untuk didengarkan.


Janganlah melihat sesuatu itu dari satu sisi. Tapi coba lihatlah dari sisi lain juga. Mungkin dari sisi lain kita akan menemukan seseuatu yang indah. Yang dapat kita manfaatkan dan kita kembangkan menjadi sesuatu yang berharga. Salam sukses dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar